Layout Al-Qur'an dan Terjemahnya Edisi Penyempurnaan 2019

Al-Qur'an dan Terjemahnya Edisi Penyempurnaan 2019
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat
Kementerian Agama Republik Indonesia.

Layout Al-Quran dan Desain Cover:  Rizal Rabas - Rabas Design

Order Layout:








Pengantar 
Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an 
Balitbang Diklat Kemenag RI

Salah satu prioritas Kementerian Agama adalah meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci Al-Qur’an. Mengingat Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab, dan untuk bisa memahami pengertian dan makna ayat-ayat Al-Qur’an sangat dibutuhkan terjemahan, Kementerian Agama dalam hal ini Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an terus berupaya menghadirkan terjemahan Al-Qur’an yang berkualitas. Setelah diterbitkan pertama kali pada tahun 1965, terjemahan Al-Qur’an telah direvisi dan disempurnakan sebanyak dua kali. Penyempurnaan pertama dilakukan pada tahun 1989 yang difokuskan pada aspek redaksional. Pada tahun 1998-2002 dilakukan perbaikan dan penyempurnaan secara menyeluruh, mencakup aspek bahasa, konsistensi, substansi, dan transliterasi.

Seiring perkembangan bahasa Indonesia dan adanya masukan dari masyarakat terkait substansi terjemahan, pada tahun 2016 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an kembali melakukan kajian dan pengembangan terjemah Al-Qur’an Kementerian Agama. Kajian ini melibatkan para pakar Al-Qur’an, tafsir, bahasa Arab dan tim ahli bahasa Indonesia. Terkait aspek kebahasaan, secara kelembagaan kami bekerjasama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI. Penyempurnaan terjemahan Al-Qur’an ini dilakukan melalui beberapa rangkaian kegiatan, yaitu: Pertama, Konsultasi publik ke komunitas-komunitas tertentu, dari perguruan tinggi, Majelis Ulama Indonesia dan pesantren untuk menjaring masukan dan saran konstruktif untuk penyempurnaan terjemahan Al-Qur’an; Kedua, Konsultasi publik secara online melalui portal konsultasi publik; Ketiga, Penelitian lapangan terkait penggunaan terjemahan Al-Qur’an di masyarakat; Keempat, Sidang reguler anggota tim pakar kajian; Kelima, Uji Publik atau uji shahih hasil kajian dan penyempurnaan terjemahan Al-Qur’an melalui forum ilmiah yang dihadiri oleh para ulama dan pakar Al-Qur’an dari pelbagai provinsi di Indonesia.

Disadari bahwa proses penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa Indonesia bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kami mengharapkan masukan, saran dan kritik dari masyarakat, khususnya para ulama dan pakar Al-Qur’an sebagai bahan pertimbangan sebelum hasil kajian dan penyempurnaan ini diterbitkan.

Terakhir, kami memberikan apresiasi kepada nara sumber dan tim pakar kajian dan pengembangan terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama yang telah melaksanakan tugas mulia ini dengan baik. Terima kasih kami sampaikan kepada Menteri Agama dan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yang senantiasa mendukung seluruh kegiatan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Kepada semua pihak yang ikut berkontribusi dalam penyusunan hasil kajian dan penyempurnaan terjemahan Al-Qur’an ini kami juga berikan penghargaan dan ucapan terima kasih. Semoga usaha ini menjadi amal saleh bagi kita semua dan karya yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi umat muslim Indonesia.


Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an
Dr. H. Muchlis Muhammad Hanafi, MA












Jasa Layout Buku Cepat dan Profesional - Rabas Design

Kami Rabas Design adalah Layout Designer yang menerima Jasa Layout Buku Cepat dan Profesional, Layout Jurnal Ilmiah, Layout Annual Report, Layout Company Profile, Layout Borang Akreditasi, dan lain-lain. Kami Layout Buku dengan Cepat dan Profesional menggunakan software pada umumnya untuk layout, yaitu Adobe InDesign. Apabila Anda mempunyai naskah yang ingin cepat dilayout, silahkan menggunakan Jasa Layout Kami.

Berikut harga Jasa Layout Buku dengan menggunakan software Adobe InDesign:
  • Desain layout Al-Quran. Harga Rp. 15.000/halaman (Harga sudah termasuk pembuatan templet desain layout dan 2 kali revisi).
  • Desain layout buku hitam putih/BW. Harga Rp. 5000 - Rp. 10.000/halaman (Harga sudah termasuk pemilihan font, pembuatan templet desain layout dan 2 kali revisi).
  • Desain layout buku yang di dalamnya terdapat banyak teks Arab. Harga Rp. 7.000 - Rp. 10.000/halaman. (Harga sudah termasuk pemilihan font, pembuatan templet desain layout dan 2 kali revisi).
  • Desain layout buku full colour. Harga Rp. 15.000 - Rp. 35.000/halaman (Harga sudah termasuk pemilihan font, pembuatan templet desain layout dan 2 kali revisi).
  • Desain layout Annual Report atau Laporan Tahunan. Harga Rp. 15.000 - Rp. 25.000/halaman  (Harga sudah termasuk pemilihan font, pembuatan templet desain layout dan 2 kali revisi).
  • Desain layout Jurnal Ilmiah + Cover. Harga Rp. 2.000.000 (10 artikel) Rp. 3.000.000 (15 Artikel) - Harga sudah termasuk pemilihan font, pembuatan templet desain layout dan 2 kali revisi.
* Harga tersebut di atas sudah termasuk 2 kali revisi
* Harga di atas bisa negosiasi terlebih dahulu, tergantung kesepakatan kerja dan kerumitan naskah atau artikel
* Harga sudah termasuk pemilihan jenis font dan pembuatan template desain layout.

Apabila jasa yang kami tawarkan sesuai dengan kriteria yang anda cari, silahkan hubungi kami melalui:
Tlp/WA: 0856-0844-8885
Email: rizalrabas@gmail.com